Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Ikuti Arahan Pemerintah, SMAN 1 Sukawati Melaksanakan Genta Paten

Ikuti Arahan Pemerintah, SMAN 1 Sukawati Melaksanakan Genta Paten

berita 06/04/2024

Suksma Journey - Jumat 5 April 2024, SMAN 1 Sukawati melaksanakan kegiatan Genta Paten (Gerakan Tanam Pangan Cepat Panen) sesuai surat arahan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Pemerintah Provinsi Bali. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kepala SMAN 1 Sukawati, guru, serta siswa/i kelas X dan XI. Sebelum dilaksanakannya Genta Panen, setiap kelas sudah diberikan arahan untuk membawa masing-masing 5 bibit cabai dan terong.

Genta Paten adalah penanaman tanaman pangan yang cepat dipanen seperti cabai, terong, kacang-kacangan, dan sayur-sayuran. Gerakan Tanam Pangan Cepat Panen ini dilakukan di sekitar area sekolah seperti halaman sekolah dan kebun-kebun di sekitar ruangan kelas. Tujuan dilakukannya kegiatan Genta Paten ialah untuk memberikan pembelajaran mengenai proses pertumbuhan tanaman dan cara memanennya agar bisa diterapkan di kehidupan masyarakat. “SMAN 1 Sukawati memilih cabai dan terong sebagai tanaman yang akan di tanam di areal sekolah. Hasil panennya akan didapatkan oleh guru, pegawai, serta siswa yang sudah menanam tanamannya di area sekolah,” tutur I Wayan Widia, S.Pd, M.Pd mengenai kegiatan Genta Paten hari ini.   

I Ketut Astawa, S.Pd juga menyampaikan harapannya untuk seluruh siswa, “Sebenarnya kita tidak begitu mengharapkan hasil, kita hanya ingin memberikan pembelajaran kepada siswa agar bisa menanam tanaman cepat panen. Kegiatan ini juga berjalan sebagaimana mestinya. Bapak mengharapkan agar siswa belajar membiasakan diri untuk menanam tanaman di rumah maupun lingkungan sekitar,” ujar I Ketut Astawa, S.Pd.

Seluruh siswa sangat antusias dalam melakukan kegiatan Genta Paten ini, “Kegiatannya seru, sudah lama liburan dan bisa dapat kegiatan baru sama teman, yaitu menanam bibit terong dan cabai. Dengan adanya kegiatan ini, aku jadi tau di mana tempat membeli bibit-bibit dan bagaimana cara menanam bibit yang benar. Aku berharap bibitnya tumbuh dan bisa dipanen,” tutur Saskya Audrey Anggodo dan Sraddhanitya Nijananda Wibowo. (jds & ara)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :