Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Peringati Tumpek Wayang, Suksma Laksanakan Persembahyangan Bersama

Peringati Tumpek Wayang, Suksma Laksanakan Persembahyangan Bersama

berita 02/05/2023

Suksma Journey — Sabtu, 29 April 2023, Suksma sambut hari raya suci Tumpek Wayang yang datang setiap 6 bulan sekali, tepatnya pada Saniscara Kliwon wuku Wayang. Semua siswa dan guru melaksanakan persembahyangan bersama ke hadapan Ida Sang Hyang Iswara di Lapangan Suksma.

Tumpek Wayang atau yang sering disebut dengan hari kesenian ini merupakan cerminan di mana dunia diliputi dengan berbagai hal-hal negatif, manusia akan diliputi oleh kegelapan, kebodohan dan keangkuhan. Sehingga Dewa Iswara memberikan kekuatannya kepada Sang Hyang Samirana dan Dewa Siwa mengutus Sang Hyang Samirana turun ke dunia untuk memberikan kekuatan positif kepada manusia. Upacara suci Tumpek Wayang ini bertujuan untuk mengucapkan puji syukur ke hadapan Ida Sang Hyang Iswara dan melakukan penyucian diri dalam bentuk pemlukatan wayang, serta mengupacarai benda-benda seni. Seni yang dimaksud seperti gong, gender, angklung, wayang, dan lain sebagainya.

Hari Raya Tumpek Wayang kali ini terasa lebih spesial karena adanya sesi pemlukatan atau pemberkatan kepada anak-anak paskibra yang akan mengikuti ajang lomba dalam waktu dekat ini. I Made Darma, S.Pd., M.Si. memaparkan tujuan dari dilaksanakannya upacara pemlukatan tersebut, "Tujuan dilakukan pemlukatan tersebut adalah tidak lain untuk pembersihan diri, untuk mengundang pikiran baik datang dari segala arah. Dengan memberikan pemlukatan, artinya mereka akan terjauh dari segala hal negatif dan akan jadi lebih fokus dengan tugasnya, jika mereka sudah fokus dengan tugasnya maka hasilnya juga pasti akan baik,"

I Made Darma mengutarakan kesan dan kelegaannya terkait lancarnya kelangsungan acara pada hari raya Tumpek Wayang, "Bagi bapak, persembahyangan seperti ini sangat bermakna. Karena di waktu-waktu seperti ini kita dapat lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dan juga bisa melepaskan beban pikiran sejenak, sehingga diri kita bisa jauh lebih rileks,"

Ni Luh Ika Indira Pria Darcini, selaku guru agama menyelipkan pesan untuk seluruh murid SMA N 1 Sukawati, "Ayo kita maknai hari tumpek wayang ini dengan kegiatan yang lebih positif." tutupnya (kda & sya)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :