Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

 Melalui Lomba Esai, Luh Wulan Tambah Pengalaman dan Prestasi

Melalui Lomba Esai, Luh Wulan Tambah Pengalaman dan Prestasi

berita 05/01/2023

Suksma Journey - Ni Luh Pradnya Wulandari atau kerap dipanggil Luh Wulan merupakan salah satu siswi SMAN 1 Sukawati berhasil meraih juara 2 lomba esai tingkat SMA/SMK/MA sederajat se-Bali pada acara Presslist 13 & YSA 8. Acara tersebut diadakan oleh ekstrakurikuler Madyapadma Journalistic Park SMAN 3 Denpasar yang bertemakan "Jati Diri Keindonesiaan: Menyentuh Kemanusiaan, Memperteguh Keadilan Sosial" dengan sub tema “Mengunggah Rasa Kemanusiaan Diri untuk Keadilan Sosial”

Pendaftaran lomba dibuka dari tanggal 1 sampai 11 Desember 2022, dilanjutkan dengan pengumpulan karya paling lambat tanggal 15 Desember 2022 dan pengumuman juara di acara puncak pada tanggal 23 Desember 2022.

“Sebenarnya pengumuman adanya lomba sama tenggat pengumpulan karyanya itu selang 14 hari, tapi aku baru tahu lombanya pas udah H-10. Lumayan mepet tapi terobos aja lah. Apalagi temanya itu kemanusiaan yang dari perspektifku itu nyambung ke ranah sosial. Lomba esai yang sebelum-sebelumnya aku ikutin tuh dominan ke lingkungan, kesehatan, budaya gitu jadi awalnya bingung mau ngambil ide apa untuk esainya. H-7 udah dapet ide dan nyari referensi, tapi mendadak H-4 idenya aku ganti ke yang lebih fresh. Aku sedikit bingung nyusun idenya. Tapi setelah baca-baca jurnal, perlahan aku mulai paham ini maksudnya apa dan kenapa ini penting untuk diangkat jadi esai. Lumayan menantang untuk nulis ide yang awalnya tidak terlalu dikuasai sambil dikejar deadline,” ungkap Wulan.

Wulan awalnya sempat terkendala karena waktu yang sedikit, namun dengan bermodalkan keyakinan terhadap diri sendiri, ide, topik yang menjadi permasalahan di masyarakat, dan membaca jurnal untuk menemukan ide baru, Wulan mampu menyelesaikan esainya hanya dalam waktu 10 hari.

Tidak hanya pengalaman dan penghargaan saja yang didapatkan, dengan mengikuti banyak lomba Wulan dapat bertemu teman-teman yang bertalenta dan belajar hal baru.
"Kalau kamu beneran yakin buat ngelakuin sesuatu, kamu bakal berani buat nerobos sampai titik akhir meski ada berbagai kendala di tengah jalan." pesan Wulan untuk kita semua. (Uln&Fer)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :