Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Pesona Tari Joget Ramaikan Jeda Semester Suksma

Pesona Tari Joget Ramaikan Jeda Semester Suksma

berita 08/12/2023

Suksma Journey- SMA Negeri 1 Sukawati menggelar event Cakra dengan tema “Melalui Inovasi Kesenian dan Olahraga Tingkatkan Kreativitas, Sportivitas dan Solidaritas”. Hari kedua event Cakra pada Jumat, 8 Desember 2023 juga diisi dengan berbagai kegiatan yang tak kalah menarik dari hari pertama.

Adapun rangkaian acara yang dimulai dengan senam bersama, kemudian dilanjutkan dengan lomba melukis tote bag di ruang kelas dan lomba ngibing joget di Gor SMA Negeri 1 Sukawati yang dilaksanakan secara bersamaan. Peserta dalam perlombaan ini merupakan siswa/i kelas 10,11, dan 12.

Lomba melukis tote bag merupakan kompetisi di mana peserta membuat seni atau gambar kreatif pada permukaan tote bag. Peserta lomba tote bag merupakan 3 orang perwakilan dari setiap kelas. Setiap peserta dituntut untuk memiliki kreativitas dan bakat seni yang tinggi.

Ngibing joget merupakan salah satu genre pertunjukan tradisional Bali yang berbentuk tari dengan iringan gamelan. Peserta lomba tari ngibing joget merupakan 2 orang perwakilan dari setiap kelas. Salah satu pasangan peserta lomba ngibing joget, Ni Kadek Thaly Titi Kasih dan I Made Suryanta mengungkapkan bahwa persiapan yang dilakukan cukup singkat. “Untuk proses latihannya sendiri, sebenarnya latihan gerak cuma satu hari tapi sebelumnya kita sudah memperhitungkan konsep, musik dan tema selama kurang lebih 2 hari.” jelas Suryanta. Selama proses persiapan, mereka juga mengalami kendala dalam pembuatan musik, sebab adanya ketentuan durasi yang diberikan oleh panitia.

Thaly juga menyampaikan motivasinya dalam mengikuti lomba ini. “Tentunya saya ingin mempelajari bagaimana sih sebenarnya pakem dari tarian joget ini, sebab tari joget merupakan warisan dari tradisi bali. Saya harap melalui kegiatan ini, kedepannya pakem tari joget tidak semakin pudar di kalangan anak muda.” ungkap Thaly. Setelah menyelesaikan penampilannya di atas panggung, Thaly dan Suryanta merasa puas karena dapat menampilkan tari joget dengan maksimal. Namun, di sisi lain mereka juga ingin terus mempelajari tari joget Bali yang sesuai pakem.

 

Salah seorang penonton, Ni Putu Ninda Kirana atau yang akrab disapa Ninda, mengaku merasa terhibur dengan penampilan para peserta lomba ngibing joget. “Kesan dan pesan saya mengenai lomba kali ini yaitu sangat menarik dan menyenangkan karena mampu menyalurkan penat siswa setelah Penilaian Akhir Semester (PAS). Semoga kedepannya untuk lomba dan peserta terus ditingkatkan.” tutur Ninda. (sna&hns)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :