Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Puluhan Satwa Dilepaskan, Semangat Suksma Peringati Rahina Tumpek Uye

Puluhan Satwa Dilepaskan, Semangat Suksma Peringati Rahina Tumpek Uye

berita 01/02/2022

Suksma Journey - Ada hal yang unik pada peringatan Tumpek Uye kali ini. Pasalnya, baru pertama kali ini Tumpek Uye diperingati dengan pelepasan sejumlah 60-an satwa di area sekitar SMA Negeri 1 Sukawati pada tanggal 29 Januari 2022 lalu.
Rahina Tumpek Uye merupakan peringatan yang dirayakan setiap enam bulan sekali dan jatuh pada Saniscara Kliwon Wuku Uye. Pelaksanaan peringatan Tumpek Uye biasanya ditandai dengan Danu Kerthi, yaitu pelepasan satwa yang bertujuan menjaga keseimbangan alam.

Mengacu pada instruksi yang diturunkan melalui surat edaran Dikpora Bali, pada peringatan tumpek kali ini, warga Suksma ikut melaksanakan pelepasan satwa. Satwa yang dilepas meliputi Burung dan Ikan, yang telah dibawa oleh masing-masing perwakilan siswa, guru, dan pegawai SMA Negeri 1 Sukawati.
Tak hanya pelepasan satwa, kegiatan peringatan Tumpek Uye sebenarnya juga diawali dengan kegiatan persembahyangan bersama dan Dharma Wacana yang dipandu langsung oleh Kepala SMA N 1, berlangsung di lapangan upacara SMA N 1 Sukawati.

Mengenai acara peringatan hari tersebut, I Putu Rama Adi Saputra selaku anggota sekbid kerohanian OSIS Suksma menjelaskan bahwa OSIS telah menyiapkan kegiatan tersebut sejak tanggal 27 Januari 2022. Persiapan yang ia terangkan meliputi perangkat, penunjukan petugas, dan rencana pelaksanaan kegiatan.

Di sisi lain salah satu perwakilan siswi XI MIPA 2, Ni Kadek Melia Shanti, mengaku bingung saat menerima instruksi untuk membawa satwa ke sekolah dalam rangka peringatan Tumpek Uye kali ini. “Awalnya bingung, baru pertama kali ini disuruh membawa burung. Tapi katanya karena instruksi dari surat edaran untuk memperingati Tumpek Uye yang merupakan hari peringatan makhluk hidup, jadinya lebih jelas” tuturnya saat diwawancarai secara daring pada Senin (31/01/22). (gdz)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :