Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Jurnalistik Suksma Raih Juara Umum 1 dalam PRESSLIST 14

Jurnalistik Suksma Raih Juara Umum 1 dalam PRESSLIST 14

berita 18/01/2024

Suksma Journey - Jurnalistik SMA Negeri 1 Sukawati berhasil meraih Juara Umum 1 dalam ajang  PRESSLIST 14 Lomba ini diselenggarakan oleh Madyapadma Journalistic Park pada tanggal 24 November 2023 sampai 6 Januari 2024. PRESSLIST 14 kali ini mengusung tema "Meneguhkan Ke-Indonesiaan, Merajut Kemanusiaan, Perdamaian, dan Berkeadilan Sosial".

Jurnalistik Suksma mendapatkan informasi tentang lomba melalui pesan langsung dari pihak Madyapadma Journalistic Park. Lomba diselenggarakan secara online dan hanya melihat informasi melalui Instagram. Untuk perlombaan Jurnalistik terdiri atas empat bidang, yakni berita, artikel, foto, dan profil. Jurnalistik Suksma berhasil menonjolkan diri dengan keberhasilan mereka di berbagai bidang. Ada pula daftar perolehan penghargaan Jurnalistik Suksma dalam lomba ini, di antaranya:

  1. Juara 1  Berita oleh Ni Putu Sri Wulan Purnami Dewi.
  2. Juara 1  Foto oleh I Gede Komang Caesar Kenzo Gaduh.
  3. Juara 2  Foto oleh Anak Agung Gede Anom Putra Sanjaya.
  4. Juara 2 Artikel oleh Ni Made Mirah Pradnya Swari.
  5. Nominator Artikel oleh Ni Kadek Cahaya Santi Rahayu.

Ni Putu Sri Wulan Purnami Dewi yang akrab disapa Wulan sebagai pemenang lomba berita melakukan beberapa persiapan sebelum mengirim karyanya. Persiapan ini dimulai dari menelaah tema, memilih subtema, mencari beberapa informasi berita yang cocok, serta menghubungi narasumber. Dari tiga subtema, Wulan memilih subtema "Membangun Semangat Generasi Milenial dalam Mewujudkan Perdamaian”. Lalu, ia membuat berita mengenai acara Talenta ADEM (Afirmasi Pendidikan Menengah). "Aku harap dengan generasi muda membaca beritaku, mereka bisa mencontoh para siswa ADEM yang solid dalam acara Talenta ADEM itu sehingga bisa menciptakan perdamaian,” jelasnya.

Adapun proses pembuatan berita yang Wulan lakukan, yaitu wawancara narasumber secara online selama tiga hari, membuat berita dari teras hingga ekor berita, dan meminta revisi dari  Ni Wayan Novi Sutantri, S.Pd selaku pembina  Jurnalistik Suksma. Di sisi lain, I Gede Komang Caesar Kenzo Gaduh yang kerap dipanggil Kenzo bercerita mengenai kendala yang ia alami saat mempersiapkan karyanya di bidang foto. “Kendalanya pas awal nyari inspirasi foto karena waktu itu  kita ada event Cakra yang di mana aku lebih fokus ngedit video Cakra. Jadi, kehabisan waktu dan hanya tersisa empat hari.” Selain itu, ia juga berharap bisa diberi kesempatan lagi untuk mengikuti lomba di bidang foto. (hns & eby)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :