Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Suksma Adakan Persembahyangan Bersama Menjelang Malam Siwaratri

Suksma Adakan Persembahyangan Bersama Menjelang Malam Siwaratri

berita 10/01/2024

Suksma Journey – SMAN 1 Sukawati kembali memperingati Hari Raya Siwaratri setelah 1 tahun lamanya. Peringatan Hari Raya Siwaratri dilakukan dengan melaksanakan persembahyangan bersama pada Selasa, 9 Januari 2024 di lapangan SMAN 1 Sukawati. Mulai dari kepala sekolah hingga siswa/i SMAN 1 Sukawati turut dalam kegiatan ini. 

Hari Raya Siwaratri merupakan hari yang jatuh pada purwaning Tilem Kapitu. Hari Siwaratri digelar dalam rangka pemujaan terhadap Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam manifestasi-Nya sebagai Dewa Siwa. Tujuannya untuk merenung sambil   mengendalikan diri, berbicara yang baik, berpuasa, serta melakukan semadi.

Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S, selaku Waka Humas SMAN 1 Sukawati menuturkan bahwa Hari Raya Siwaratri dimaknai sebagai peleburan dosa. Peleburan dosa yang dimaksud bukan dalam artian dosanya seketika menghilang, tetapi bagaimana cara kita supaya bisa berbuat yang lebih baik daripada yang sebelumnya.

Hadir pula Ni Luh Adi Warastri, S.Pd.H selaku guru Agama Hindu menyampaikan pesannya, “Tolong pergunakan malam siwaratri ini  dengan kegiatan yang bermanfaat, seperti bersembahyang, bermeditasi ataupun merenung kesalahan kita terdahulunya agar kita bisa menjadi insan yang lebih baik lagi.”

Dewa Ayu Mayunda Cista selaku Sekbid Kerohanian OSIS turut memberikan kesan dan pesannya, “Kesannya sangat seru karena dapat berkumpul dengan keluarga maupun teman. Pesannya semoga semua umat hindu dapat berpartisipasi lagi dalam merayakan Hari Siwaratri ini serta semoga ke depannya bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.” (nti & hst)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :