Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Jessica Berhasil Banggakan Bali dan Suksma

Jessica Berhasil Banggakan Bali dan Suksma

berita 03/09/2023

Suksma Journey - Best Speaker LDBI (Lomba Debat Bahasa Indonesia) adalah lomba debat Bahasa Indonesia yang diselenggarakan oleh Puspresnas. Provinsi Bali mengirim 3 orang perwakilan dari sekolah yang berbeda-beda. Salah satunya adalah perwakilan murid dari SMA Negeri 1 Sukawati yang bernama Jessica Olivia Wulandari Riyanto, biasanya kerap dipanggil dengan nama Jessica berhasil mendapatkan medali emas di tingkat nasional.

Perlombaan ini dimulai dengan pendaftaran pada bulan Maret 2023 kemudian dilanjutkan dengan Technical Meeting yang dilaksanakan di bulan Mei 2023. Setelah itu diadakan seleksi yang dimulai dari seleksi tingkat sekolah, seleksi tingkat kabupaten, seleksi tingkat provinsi, dan yang terakhir seleksi di tingkat nasional. Lomba di tingkat nasional ini berlangsung dari tanggal 31 Juli 2023 sampai 4 Agustus 2023 di UPJ (Universitas Pembangunan Jaya) yang bertempat di Serang, Banten.

Adapun rangkaian acara saat perlombaan yaitu, yang pertama pada tanggal 31 Juli 2023 adalah pembukaan, lomba, dan seminar. Yang kedua adalah acara pra eliminasi untuk masuk ke babak 16 besar. Pra eliminasi diadakan dalam 5 ronde yang dibagi 3 ronde pada tanggal 1 Agustus 2023 dan 2 ronde dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2023. Kemudian yang keempat, pada tanggal 3 Agustus 2023 adalah babak semifinal dan final. Dan puncak acaranya yang diselenggarakan pada tanggal 4 Agustus 2023 adalah acara penganugerahan, dimana pada momen tersebutlah diumumkan 15 pembicara terbaik dan juara 1, 2, 3 lalu diakhiri dengan acara penutupan.

Untuk mengikuti perlombaan debat tersebut, Jessica tentu saja sudah melakukan persiapan. "Mulai prepare dari skala kecil, seperti ikut lomba debat provinsi dan nasional juga tapi skalanya gak sebesar LDBI. Untuk latihan intensif, aku juga membuat jadwal kegiatan latihan," ungkap jessica saat itu. Dalam mempersiapkan perlombaan yang semaksimal ini, Jessica juga melewati berbagai kendala mulai dari bentrokan dengan jadwal lain dan sering stres. Tapi Jessica tidak gampang mengeluh dan terus berjuang.

Perlombaan Best Speaker LDBI ini sangat berarti untuk Jessica karena dapat membanggakan diri sendiri dan orang yang ada di sekitarnya. "Semoga di tahun berikutnya Suksma bisa mengirimkan calon-calon yang bisa masuk tingkat nasional juga dan bisa menangin Bali di LDBI 2024 nanti. " Di akhir wawancaranya, Jessica menyisipkan sebuah pesan kepada kawan-kawan semua "Kalian juga harus nyoba debat karena debat itu bukan soal berantem argumen aja, tapi kalian juga bisa ngelatih cara berpikir kritis, dan paham isu-isu terkini dan paham untuk menghargai pendapat orang lain. Jadi, banyak banget yang bisa kalian dapetin dari debat. " tutup Jessica. (kda & kya)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :