Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Hari Kedua Bulan Bahasa Bali, Suksma Hadirkan Berbagai Lomba

Hari Kedua Bulan Bahasa Bali, Suksma Hadirkan Berbagai Lomba

berita 17/02/2023

Suksma Journey — Memasuki hari kedua Bulan Bahasa Bali pada Jumat, 17 Februari 2023, Suksma hadirkan lomba mejejauman, dharma wacana dan nyurat lontar. Rangkaian kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas 10 dan 11 SMA Negeri 1 Sukawati.

Kegiatan dimulai dari persembahyangan bersama di pagi hari, dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba mejejauman di podium sekolah, dharma wacana di GOR Suksma dan nyurat lontar di ruang kelas yang sudah ditentukan.

Lomba dharma wacana kali ini bertemakan “Tri Hita Karana”, yaitu ajaran yang mengajarkan agar manusia mengupayakan hubungan harmonis dengan Tuhan, sesama manusia dan alam lingkungan.Tujuan diadakannya lomba ini agar siswa-siswi Suksma dapat ikut melestarikan budaya-budaya warisan leluhur kita.

Ni Kadek Sonia Tari, salah satu peserta lomba dharma wacana mengungkapkan persiapan yang ia lakukan untuk mengikuti lomba ini, “Persiapan pertama yang tentunya saya lakukan adalah menguasai materi dari wacana itu sendiri. Temanya Tri Hita Karana jadi harus menguasai tema dari Tri Hita Karana tersebut, selanjutnya itu persiapan make up dan kostum.” Sonia juga mengutarakan kendala yang ia rasakan, yaitu terdapat kata-kata dari sloka yang digunakan terdengar asing baginya dan merasa kesulitan untuk mengerti urutan penjelasan dharma wacana yang ia bawakan sehingga harus benar-benar menguasai materi.

Dra. Gusti Ayu Ketut Puspawati selaku juri memaparkan kriteria penilaian dalam lomba dharma wacana, “Yang dicari adalah penghayatan, intonasi yang dibawakan, dan penampilan peserta dalam membawakan dharma wacana, serta tata bahasa yang dipergunakan dalam naskah. Dengan adanya bulan bahasa ini diharapkan untuk tahun-tahun yang akan datang harus tetap diwacanakan dan dilaksanakan untuk melestarikan budaya-budaya warisan leluhur kita supaya tidak tergerus dengan situasi perkembangan zaman sekarang.” ungkap Dra. Gusti Ayu Ketut Puspawati ketika diwawancarai mengenai pesan dan kesan beliau. (Una & Ana)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :