Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Sempat Vakum, Pramuka Suksma Kembali Gelar SKC IX

Sempat Vakum, Pramuka Suksma Kembali Gelar SKC IX

berita 30/10/2022

Suksma Journey – Pramuka Suksma adakan Suksma Kadet Cup (SKC) IX pada Minggu, 30 Oktober 2022. Suksma Kadet Cup (SKC) merupakan lomba atau event tahunan yang diselenggarakan oleh Ambalan Bima Drupadi atau Pramuka Suksma sejak tahun 2012. SKC tahun ini mengambil lomba tingkat siaga, penggalang, dan penegak se-Kabupaten Gianyar. SKC IX mengusung tema “Bring Back Our Scout Movement” yang memiliki arti 'Kembalikan Gerakan Pramuka Kita.'

Alasan mengapa perlombaan SKC tahun ini kembali terlaksana yakni agar Suksma Kadet Cup bisa kembali bangkit usai vakum dua tahun lamanya akibat pandemi Covid-19. Selain itu, SKC ini juga diadakan untuk membangkitkan kembali semangat anak muda mengenai kepramukaan. SKC IX diikuti oleh 7 pangkalan tingkat siaga, 9 pangkalan tingkat penggalang, dan 8 pangkalan tingkat penegak. Di mana terdapat 5 jenis lomba diantaranya, lomba senam SKJ yang diikuti oleh pramuka tingkat siaga dan penggalang. Lomba LKBB yang diikuti pramuka tingkat penggalang dan penegak. Lomba LCT diikuti pramuka tingkat penggalang dan penegak. Lomba Pionering oleh pramuka tingkat penggalang dan penegak. Serta, lomba fotografi yang diikuti oleh pramuka tingkat penegak.

Ni Kadek Kashita Cahayani selaku Ketua Panitia Suksma Kadet Cup IX mengemukakan sedikit tentang persiapan yang dilakukan Pramuka Suksma bagi keberlangsungan SKC tahun ini. “Sebenarnya persiapannya itu dari bulan Juni/Juli sudah mulai persiapan untuk merancang acaranya, tetapi karena adanya event lain di sekolah juga kita jadinya ada kemunduran dari acaranya. Jadi, di bulan Agustus kita mulai merancang proposal dan lain sebagainya. Persiapannya itu kayak kita mulai nyari sponsor ke sekolah dan juga nyari persiapan-persiapan kegiatannya.”

Rangkaian acara pada SKC IX berlangsung dari pagi hingga sore hari. Dimulai dari pukul 07.00-18.00 WITA yang terdiri dari registrasi peserta hingga ke upacara pembukaan Suksma Kadet Cup IX. Dilanjutkan dengan berbagai jenis perlombaan yang berjalan secara serentak di berbagai area sekolah SMA N 1 Sukawati. Anik Jayanthi, Anggota Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Gianyar selaku Juri SKC dibidang LKBB menjelaskan mengenai kriteria penilaian yang diberlakukan dalam perlombaan.

“Adanya penilaian khusus seperti pasukan, danton, dan variasi formasi. Di pasukan itu ada kekompakan, kerapian dan juga ketepatan aba-aba. Di danton sendiri baik dari ketepatan aba-aba, sikapnya, ketepatan dalam menguasai barisan. Selanjutnya di variasi formasi yang pertama kreatifitas, tingkat kesulitan, dan puncak variasi yang dibawakan,” jelasnya.

Acara ini diakhiri dengan penutupan yang dimeriahkan oleh berbagai jenis hiburan, yaitu Doorprize, penampilan dari Vampyra Dance dan Jungut Sari Teater, hingga ke pengumuman para pemenang dari berbagai kategori lomba serta penyerahan Piala bergilir Suksma Kadet Cup untuk Juara Umum tingkat Penggalang dan Penegak.

Dalam Suksma Kadet Cup (SKC) IX, Piala bergilir Juara Umum tingkat Penggalang diraih oleh SMP Negeri 1 Gianyar. Serta dengan Piala bergilir Juara Umum tingkat Penegak jatuh digenggaman SMA Negeri 1 Tegalalang. Adapun kesan dan pesan dari Dewa Ayu Viona Laksmi Dewi, salah satu peserta lomba SKC yang mendapatkan Juara Danton Terbaik tingkat Penegak. “Mungkin saya tidak akan bisa tanpa tim, karena saya dibentuk dalam tim. Pesannya semoga bisa mengikuti perlombaan SKC lagi dan memperoleh juara kembali,” ujarnya.

I Gede Martika Yasa, S.Kom, selaku pendamping dari pembina SKC IX turut membagikan kesan dan pesannya. “Kalau kesan saya terhadap SKC IX ini yaitu, mulai dari pelaksanaan sudah bagus, walaupun kita memang dasarnya dari nol. Karena dua tahun juga sempat vakum, mereka dari segi kepanitiaan sudah melaksanakan dengan sangat baik dan mantap. Untuk tingkat SMA, bagi saya sudah sangat luar biasa untuk mereka. Sudah mempersiapkan semua dengan jumlah anggota yang sekian serta dengan jangka waktu sekian juga, mereka bisa mencari sponsor, melaksanakan kegiatan ini, kemudian bisa berlangsung dengan sangat luar biasa,” tuturnya. (Tih & Tri)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :