Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Adakan Pelatihan Dasar dan Pelantikan Pengurus 2022/2023, Sispala Bhuana Puaka Gelar Perkemahan

Adakan Pelatihan Dasar dan Pelantikan Pengurus 2022/2023, Sispala Bhuana Puaka Gelar Perkemahan

berita 18/12/2022

Suksma Journey– Latdas serta pelantikan anggota dan pengurus Sispala masa bakti 2022/2023 berlangsung di Soewan Garden, Buleleng pada 9 - 11 November 2022.

Pelatihan ini dibuka oleh Pembina Sispala yaitu, I Made Rika Setiadi, S.Pd dan dihadiri oleh Waka Kesiswaan, para guru, dan alumni.

Kilas balik semasa pandemi, kegiatan tersebut hanya dilaksanakan di sekolah, sedangkan tahun ini dilaksanakan di luar sekolah dengan mengadakan kegiatan perkemahan selama 3 hari 2 malam.

I Kadek Adi Satya Negara selaku ketua panitia Latdas tahun ini mengaku bahwa persiapan telah disiapkan sejak 1 bulan sebelumnya. “Persiapan yang dilakukan pertama yaitu nentuin tempat untuk Latdas yang sekiranya sesuai agar bisa melakukan kegiatannya, buat rundown, sama mengatur logistik yang diperlukan,” tuturnya. Selanjutnya ia juga menceritakan kendala yang dihadapi selama kegiatan berlangsung, “Kondisi cuaca kadang tidak menentu, pas hari kedua itu sisa lagi 3 kelompok yang belum selesai tracking tiba-tiba hujan deras banget dan ada satu peserta yang sakit di pos 4 yang harus digendong turun dan karena hujannya deres banget, tenda-tenda banyak yang bocor bahkan airnya turut masuk kedalam tenda,” ceritanya panjang.

Adapun serangkaian acara perlombaan yang dilakukan pada hari pertama yakni, lomba keterampilan, lomba yel – yel, dan lomba pensi dari setiap kelompok yang sudah terbagi, dan kegiatan upacara pembukaan DIKLATDAS (Pendidikan dan Latihan Dasar).

Pada hari kedua dilaksanakan kegiatan tracking ke hutan yang sudah terbagi menjadi beberapa pos untuk tes materi hingga hari terakhir dilaksanakan kegiatan games, lomba ketangkasan, pelantikan pengurus baru dengan menandatangani serah terima jabatan, dan pelantikan anggota dengan pemasangan slayer sekaligus upacara penutupan kegiatan Latdas.

I Kadek Indra Muliawan, ketua Sispala periode 2021/2022 menyebutkan proker yang sudah ia lakukan selama satu tahun terakhir seperti membuat forum yang bernama 'Adhimakayasa' beranggotakan ekstrakurikuler Sispala se-Gianyar. Tak hanya itu, ia juga telah melaksanakan beberapa kegiatan lainnya yaitu pemberian materi dan praktek, penghijauan, beach clean up, melakukan kegiatan kolaborasi bersama ekstrakurikuler Sispala dari sekolah lain, dan merombak seragam Sispala sebelumnya dengan membuat Pakaian Dinas Lapangan (PDL) atas pertimbangan dan saran dari para senior. Maka dari itu, besar harapannya untuk ekstra Sispala agar dapat menjadi ekstra yang lebih baik lagi ke depannya dan membuat berbagai macam gebrakan baru sehingga dapat mengharumkan nama SMA Negeri 1 Sukawati.

Ketua baru Sispala periode 2022/2023, Kadek Yogi Sastra Mahendra turut memberikan kesannya selama mengikuti Latdas, "Pastinya ada rasa sedih, senang, dan semangat. Itu membuat saya mendapatkan pengalaman yang baru dan tidak pernah saya lupakan dalam hidup saya.” jelas Yogi.

Kemudian, Komang Deva Pradnyana Karang sebagai anggota pelatihan dasar ikut menceritakan kesan tegang yang ia alami selama kegiatan tracking pada hari kedua dan tentunya ia mengakui bahwa kegiatan pelatihan dasar ini amat menyenangkan. “Selama saya mengikuti acara Latdas secara tidak langsung saya dapat menambah teman baru, karena kami berkelompok jadi saya dapat mengenal orang-orang baru. Dari berkelompok dapat bertumbuhnya rasa saling peduli, kerja sama, saling tolong-menolong dan pastinya saya akan merindukan momen-momen bersama mereka.” ungkap Deva. (wid)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :