Phone: +62 361 299628

Alamat: Jalan Lettu Wayan Sutha II, Sukawati Gianyar Bali 80582

E-mail: info@sma1-sukawati.sch.id

Unik, Suksma Gelar Lomba Melukis Wayang Lestarikan Kearifan Lokal.

Unik, Suksma Gelar Lomba Melukis Wayang Lestarikan Kearifan Lokal.

berita 13/12/2022

Suksma journey - Melestarikan kearifan lokal dan budaya SMA Negeri 1 Sukawati menggelar event AMBARAWA dengan tema kegiatan “Tingkatkan Kualitas Diri Melalui Inovasi, Kreativitas, Kesenian, dan Olahraga. Salah satu perlombaan yang diadakan adalah lomba kesenian melukis wayang dalam rangka jeda semester satu Senin, 12 Desember 2022. Peserta dalam perlombaan ini merupakan Siswa/Siswi kelas 10, 11, dan 12 SMA Negeri 1 Sukawati.

Wayang merupakan salah satu puncak seni budaya bangsa Indonesia yang paling menonjol yang berasal dan berkembang pesat di pulau Bali dan Jawa, wayang termasuk seni sastra dan seni lukis. Oleh karena itu dengan diadakannya lomba kesenian melukis wayang dianggap memiliki nilai sangat berharga dalam bentuk karakter jati diri siswa. Lomba ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dan tidak melupakan seni di Bali sehingga mampu melestarikannya.

Pendaftaran lomba ini dimulai dari tanggal 5 Setelah TM sampai 10 Desember 2022, lomba diadakan menggunakan sistem TIM dan dilaksankan di ruangan kelas. Dimana setiap TIM wajib mengirim peserta yang terdiri dari 3 orang. Durasi waktu perlombanya dilaksanakan selama 3-4 jam. Terdapat beberapa kriteria penilaian dalam perlombaan keseniaan melukis wayang yaitu Kreativitas, proporsi (perbandingan bentuk wayang), kerapian, estetika dan keindahan. “Tema masih tetap dengan jeda semester 1, untuk event AMBARAWA kita menetapkan membuat lomba kesenian wayang Kresna Bali,” tutur Ida Bagus Kanha Maha Putra selaku koordinator perlombaan kesenian melukis wayang.

I Made Yudisradana salah satu peserta lomba dari kelompok sembilan INDRAPRASTA menuturkan terdapat beberapa kendala yang dialami dalam mengikuti perlombaan ini, yaitu dari panitia lomba karena dikriteria lomba tercantum wayang Bali namun dicontohnya berisi wayang Kresna dari Jawa sehingga hal tersebut banyak peserta lomba yang bingung dan karena kami pemula tidak pernah membuat wayang sehingga terjadi kesulitan dalam proses pembuatannya. (ayu)

Galeri Foto

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

I Wayan Widia,S.Pd.,M.Pd

Kepala Sekolah

Profil

  • I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    I Made Darma, S.Pd., M.Si.

    Wakil Kepala Sekolah Kurikulum

  • I Ketut Astawa, S.Pd.

    I Ketut Astawa, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan

  • Putu Suhartana, S.Pd.

    Putu Suhartana, S.Pd.

    Wakil Kepala Sekolah Sarpras

  • Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Ni Kadek Ari Widyastuti, S.S

    Wakil Kepala Sekolah Humas

  • Dra. Ni Wayan Armini

    Dra. Ni Wayan Armini

    Analis Sumber Daya Manusia

Agenda

Follow Kami :