Sekolah SMA Negeri 1 Sukawati

Tanaman Beluntas sebagai Tanaman Obat

Tanaman Beluntas sebagai Tanaman Obat Tumbuhan merupakan organisme yang terkandung dalam alam Plantae. Biasanya, organisme yang menjalankan proses fotosintesis diklasifikasikan sebagai tumbuhan. Tumbuhan memerlukan cahaya matahari untuk menjalani proses fotosintesis.Tumbuhan merangkum semua benda hidup yang mampu menghasilkan makanan dengan menggunakan klorofil untuk menjalani proses fotosintesis dan menghasilkan oksigen. Sel tumbuhan berbeda dengan sel hewan dalam beberapa segi termasuk sel tumbuhan mempunyai dinding sel.

Indonesia memiliki berbagai macam vegetasi seperti hutan, kebun, padang rumput, dan tundra. Dilihat dari jenisnya tumbuhan ini dibagi menjadi tumbuhan liar dan tumbuhan yang di budidayakan. Tumbuhan liar misalnya hutan. Hutan di Indonesia sangat beragam, seperti hutan tropis dan hutan bakau. Tumbuhan yang di budidayakan misalnya jenis tumbuhan untuk kebun dan toga. Tumbuhan memiliki peranan yang sangat penting untuk kelangsungan hidup makhluk hidup yang ada di dunia ini karena tumbuhan sebagai produsen pertama pada rantai makanan dan juga memiliki peranan penting sebagai penghasil oksigen terbesar bagi kelangsungan hidup mahkluk hidup.

Manfaat tumbuhan sangatlah banyak seperti sebagai paru-paru dunia, tanaman sebagai elemen hijau, pada tumbuhan menghasilkan oksigen(O2) yang sangat diperlukan bagi mahkluk hidup untuk pernafasan, sebagai pengatur lingkungan, pencipta lingkungan hidup (ekologis), penyeimbangan alam, perlindungan terhadap kondisi fisik alami sekitarnya (angin kencang, terik matahri, gas dan debu-debu, kebisingan suara dan kendaran bermotor), keindahan (estetika), kesehatan, rekreasi dan pendidikan (edukatif), sosial politik ekonomi, dan pencegahan banjir. Selain itu, saat ini tumbuhan sangat bermanfaat untuk dunia medis sebagai obat herbal.  Tumbuhan yang paling berperan pada dunia medis adalah jenis tanaman toga.

Tanaman obat keluarga (disingkat TOGA) adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat.Tanaman obat keluarga pada hakekatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Selain di budidayakan di rumah tangga, tanaman toga juga dibudidayakan untuk sekolah-sekolah yang digunakan untuk memacu siswa agar dapat mengenal dan memanfaatkan tanaman toga sebagai obat. Tanaman toga ada berbagai macam contohnya, seperti kumis kucing, mahkota dewa, mengkudu, binahong, jahe, belimbing wuluh, kayu manis, patah tulang, beluntas dan masih banyak lagi. Salah satu toga yang memiliki manfaat paling banyak adalah beluntas.

Beluntas merupakan tanaman yang biasa digunakan untuk pagar rumah. Tanaman ini bisa juga tumbuh liar dan juga bisa tumbuh di daerah yang kering dan berbatu. Jika tidak di pangkas, tinggi tanaman ini bisa mencapai 3 meter. Dari daun hingga akar beluntas memiliki fungsi yang berbagai macam. Manfaat beluntas misalnya untuk meningkatkan nafsu makan, membantu melancarkan pencernaan, menghilangkan bau badan dan bau mulut, meredakkan demam, dan masih banyak lainnya.

Berdasarkan uraian di atas, penulis sangat terdorong untuk meneliti tanaman beluntas untuk mengetahui manfaat dan segala hal tentang tanaman beluntas serta menyusun sebuah paper dengan judul “ Tanaman Beluntas sebagai Tanaman Obat ’’. 

Artikel Lengkapnya dapat anda download disini.

2013-05-01 14:13:24
(Adm)

infoPengumuman

[30-06-2017]
Bagi calon siswa yang sudah mendaftar ulang dimohon kehadiran orang tua / walinya untuk rapat koordinasi pada hari Rabu 5 Juli 2017 Jam 15.00 Wita, di Gor SMA Negeri 1 Sukawati, acara Rapat Koordinasi Persiapan masuk Tess Peminatan dan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

[17-06-2017]
Informasi jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Negeri Sukawati 2017-2018 diklik disini

[17-06-2017]
Pedoman Umum Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2017/2018 Klik DISINI

cuacaCuaca

info terbaruYang Terbaru

Berkas Kelengkapan PPDB 2017 2018. 01/07/2017

PPDB Jalur Reguler Tahun Pelajaran 2017-2018. 18/06/2017

PPDB Jalur Miskin Inklusi Kesetaraan Tahun Pelajaran 2017-2018. 17/06/2017

PPDB Jalur Prestasi Tahun Pelajaran 2017-2018. 17/06/2017

PPDB Jalur Lingkungan Lokal Tahun Pelajaran 2017-2018. 17/06/2017

Petunjuk Teknis Pelaksnaan Penerimaan Peserta Didik Baru On Line. 17/06/2017


social networkSuksma Social Network