Sekolah SMA Negeri 1 Sukawati

Pemanfaatan Tanaman Lidah Buaya (Aloe vera) Sebagai Bahan Alternatif Pembuatan Es Lidah Buaya

es lidah buaya Indonesia adalah negara yang kaya akan Sumber Daya Alam, Sumber Daya Alam Indonesia tersebut banyak dimanfaatkan sebagai sandang, papan maupun pangan. Indonesia merupakan Negara yang beriklim tropis, sehingga banyak tanaman herbal yang mudah tumbuh di tanah Indonesia. Salah satu tanaman herbal yang dimaksud ialah tanaman lidah buaya. Selain dikembangbiakan di ladang, tanaman lidah buaya juga di tumbuh kembangkan di setiap rumah. Namun penduduk kurang mengetahui manfaat tanaman lidah buaya. Biasanya penduduk hanya memanfaatkan tanaman ini sebagai obat luka bakar, tetapi   tanaman lidah buaya memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Karena juga dapat digunakan sebagai bahan baku makanan dan minuman. Setiap manusia pasti akan membutuhkan makanan dan minuman. Zaman sekarang, banyak masyarakat kurang kreatif menggunakan tanaman herbal sebagai bahan makanan dan minuman. Selain dari khasiat yang dimiliki oleh tanaman herbal sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Masyarakat Indonesia hampir setiap hari mengkonsumsi dan bergelut pada aneka macam minuman dalam suatu acara baik itu resepsi maupun acara keluarga.

             

Banyak masyarakat tertarik menggunakan aneka minuman sebagai kudapan dalam berbagai acara. Rasa yang khas dimiliki oleh tanaman lidah buaya dan tidak dimiliki oleh tanaman lainnya. Sehingga, membuat tingginya keinginan masyarakat mengkonsumsi dan membeli es lidah buaya sebagai penghilang dahaga. Tidak hanya orang dewasa saja yang suka mengkonsumsi es lidah buaya melainkan anak-anak pun senang mengkonsumsi es lidah buaya karena rasa yang enak dan segar. Karena tingginya tingkat keinginan masyarakat untuk mengkonsumsi es lidah buaya, sehingga banyak ibu rumah tangga yang rela meluangkan waktunya untuk membuat es lidah buaya.

            Lidah buaya merupakan tanaman yang cukup unik karena mengandung berbagai senyawa biologis aktif, seperti mannans asetat, polymannans, antrakuinon, dan berbagai lektin. Lidah buaya juga mengandung sekitar 75 jenis zat yang telah dikenal bermanfaat dan lebih dari 200 senyawa lain yang membuatnya layak digunakan dalam pengobatan herbal. Lidah buaya telah digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati luka, luka bakar, demam, gatal-gatal, kulit dan banyak lagi. Selain itu, obat herbal ini juga sangat popular dalam industri kosmetik dan produk kesehatan. Maka dari pada itu, lidah buaya (aloe vera) merupakan bahan alternaltif yang digunakan sebagai pembuatan es lidah buaya (aloe vera).

Ide membuat minuman berbahan dasar lidah buaya bermula karena khasiat dan zat-zat yang terkandung dalam lidah buaya. Selain khasiatnya, lidah buaya juga dapat mengobati beberapa penyakit dalam tubuh manusia.

  Es  di Indonesia sangat banyak jenisnya, yang masing-masing memiliki ciri khas tertentu sesuai dengan daerah asalnya dan masing-masing memiliki perbedaan.Untuk membuat es lidah buaya sangatlah mudah dan sederhana. Namun, es yang dibuat banyak mengandung kadar gula membuat masyarakat menderita sakit tenggorokan. Biasanya es yang dijual di pasaran banyak mengandung kadar gula.

Melihat permasalahan diatas, dalam penelitian ini akan dicoba untuk mengetahui apa saja manfaat yang diperoleh dari pemanfaatan tanaman lidah buaya (aloe vera) sebagai bahan alternatif  pembuatan es lidah buaya. Dengan memperhatikan permasalahan-permasalahan yang telah diuraikan diatas maka penulis tertarik melakukan penelitian dengan mengangkat judul “Pemanfaatan Tanaman Lidah Buaya (Aloe vera) Sebagai Bahan Alternatif Pembuatan Es Lidah Buaya”.

Artikel lengkapnya dapat anda unduh disini

2013-05-01 14:08:35
(Adm)

infoPengumuman

[30-06-2017]
Bagi calon siswa yang sudah mendaftar ulang dimohon kehadiran orang tua / walinya untuk rapat koordinasi pada hari Rabu 5 Juli 2017 Jam 15.00 Wita, di Gor SMA Negeri 1 Sukawati, acara Rapat Koordinasi Persiapan masuk Tess Peminatan dan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

[17-06-2017]
Informasi jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Negeri Sukawati 2017-2018 diklik disini

[17-06-2017]
Pedoman Umum Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2017/2018 Klik DISINI

cuacaCuaca

info terbaruYang Terbaru

Berkas Kelengkapan PPDB 2017 2018. 01/07/2017

PPDB Jalur Reguler Tahun Pelajaran 2017-2018. 18/06/2017

PPDB Jalur Miskin Inklusi Kesetaraan Tahun Pelajaran 2017-2018. 17/06/2017

PPDB Jalur Prestasi Tahun Pelajaran 2017-2018. 17/06/2017

PPDB Jalur Lingkungan Lokal Tahun Pelajaran 2017-2018. 17/06/2017

Petunjuk Teknis Pelaksnaan Penerimaan Peserta Didik Baru On Line. 17/06/2017


social networkSuksma Social Network