Sekolah SMA Negeri 1 Sukawati

Pemanfaatan Kulit Buah Pisang Raja Musa paradisiaca sapientum Sebagai Bahan Alternatif Pembuatan Kue Bolu

Pemanfaatan Kulit Buah Pisang Raja (Musa paradisiaca sapientum) Sebagai Bahan Alternatif Pembuatan Kue BoluIndonesia adalah negara yang kaya akan Sumber Daya Alam, Sumber Daya Alam Indonesia tersebut banyak dimanfaatkan sebagai sandang, papan maupun pangan. Pemanfaatan sebagai bahan pangan salah satunya adalah pemanfaatan sebagai bahan baku jajanan seperti pembuatan kue. Masyarakat Indonesia hampir setiap hari bergelut dengan kue dalam berbagai acara dan upacara.

Kue di Indonesia dapat diartikan sebagai penganan atau makanan kecil yang dapat dimakan dan memiliki cita rasa yang lezat pula. Kue tradisional Indonesia sangat banyak jenisnya, yang masing-masing berbeda sesuai dengan daerah asalnya dan mempunyai ciri khas masing-masing daerah.

Bagaimana dengan kue di Bali? Bali merupakan pulau seribu Pura, dimana sudah jelas masyarakat Bali tidak lepas dari yang namanya penghaturan sesajen. Kue adalah salah satu bahan yang penting dalam sesajen umat Hindu di Bali yang digunakan dalam “Banten” dalam istilah Balinya. Mengingat seringnya kue dipergunakan maka ibu-ibu rumah tangga di Bali sudah tentu tidak asing lagi dengan kue, terutama kue bolu yang belakangan ini menjadi kue favorit untuk bahan banten. Untuk menciptakan kue yang berkualitas baik tentu diimbangi dengan bahan yang bermutu tinggi seperti tepung terigu, gula, susu dan mentega. Di zaman sekarang bahan yang bermutu tinggi sudah tentu memiliki harga yang tiggi pula. Namun banyak keluhan dari para produsen karena mahalnya bahan baku pembuatan kue bolu.

Kue bolu sangat beraneka ragam jenisnya, diantaranya : kue bolu coklat, kue bolu susu, kue bolu pandan, kue bolu tape, dan kue bolu pisang. Salah satu kue bolu yang sangat diminati oleh masyarakat dewasa ini adalah kue bolu pisang tepatnya kue bolu pisang raja yang bahan bakunya adalah daging buah pisang raja. Pada umumnya dalam pembuatan kue bolu pisang, kulit pisang yang sudah dikupas tidak dimanfaatkan secara efektif oleh produsennya. Sehingga kulit pisang yang sudah dikupas hanya dianggap sebagai limbah atau hanya dimanfaatkan untuk pakan ternak.

 Buah pisang banyak mengandung karbohidrat, vitamin dan mineral baik daging buahnya maupun kulit buahnya. Kandungan pada daging buah maupun kulit buah pisang raja sangat bermanfaat bagi kita dan jika dikonsumsi, kandungan-kandungan tersebut sama sekali tidak memiliki dampak negatif bagi kesehatan kita. Oleh karena itu, kulit buah pisang dapat diolah menjadi makanan tertentu seperti bahan pembuatan kue bolu. Namun, tentang khasiat dan manfaat kulit pisang, masih banyak orang belum mengetahuinya. Hal ini akan menimbulkan kerugian, karena kulit pisang akan terbuang sia-sia dan bahkan hanya menjadi limbah yang akan mengganggu masyarakat. Alangkah baiknya jika kulit buah pisang dapat dimanfaatkan, sehingga menjadi sesuatu yang lebih berguna.  Pandangan atau kesan pertama terhadap objek seperti jajan kue bolu ini yaitu selain memiliki penampilan yang menarik juga harus mempunyai kualitas yang baik, sehingga konsumen tertarik untuk mencobanya.

Maka dari itu sangat diperlukan kajian dan penelitian untuk dapat membuat roti bolu yang yang memiliki kualitas dan cita rasa yang baik, maka penulis merasa tertarik untuk mengadakan suatu penelitian mengenai pemanfaatan kulit buah pisang raja sebagai bahan makanan yang dapat dikomsumsi. Pemanfaatan IPTEK sangat penting dalam usaha memberikan nilai tambah bagi produk pangan,seperti  pemanfaatkan kulit buah pisang raja sebagai bahan alternatif pembuatan kue bolu.

Oleh sebab itu, dalam penelitian ini akan dicoba untuk mengetahui apa saja manfaat yang diperoleh dari Pemanfaatan Kulit Pisang Raja (Musa Paradisia Sapientum) Sebagai Alternatif Bahan Pembuatan Kue Bolu. Dengan memperhatikan permasalahan-permasalahan yang telah diuraikan diatas maka penulis mengangkat judul “Pemanfaatan Kulit Buah Pisang Raja (Musa paradisiaca sapientum) Sebagai Bahan Alternatif Pembuatan Kue Bolu”.

Artikel lengkapnya dapat anda download disini

2013-05-01 13:44:42
(Adm)

infoPengumuman

[30-06-2017]
Bagi calon siswa yang sudah mendaftar ulang dimohon kehadiran orang tua / walinya untuk rapat koordinasi pada hari Rabu 5 Juli 2017 Jam 15.00 Wita, di Gor SMA Negeri 1 Sukawati, acara Rapat Koordinasi Persiapan masuk Tess Peminatan dan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

[17-06-2017]
Informasi jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Negeri Sukawati 2017-2018 diklik disini

[17-06-2017]
Pedoman Umum Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2017/2018 Klik DISINI

cuacaCuaca

info terbaruYang Terbaru

Berkas Kelengkapan PPDB 2017 2018. 01/07/2017

PPDB Jalur Reguler Tahun Pelajaran 2017-2018. 18/06/2017

PPDB Jalur Miskin Inklusi Kesetaraan Tahun Pelajaran 2017-2018. 17/06/2017

PPDB Jalur Prestasi Tahun Pelajaran 2017-2018. 17/06/2017

PPDB Jalur Lingkungan Lokal Tahun Pelajaran 2017-2018. 17/06/2017

Petunjuk Teknis Pelaksnaan Penerimaan Peserta Didik Baru On Line. 17/06/2017


social networkSuksma Social Network